Senin, 06 Desember 2010

ciri khas indonesia

INDONESIA memiliki kekayaan berbagai kebudayaan khas-nya. Jika kamu punya kesempatan mengunjungi beberapa daerah di Indonesia, kamu akan menemui ciri khas dari tiap-tiap daerah. Atau kamu bisa lihat di majalah, koran, televisi, bagaimana bentuk atap bangunan, atau rumah-rumah lama, memiliki keunikan masing-masing.
IMG_0911IMG_0713Upaya paling sederhana untuk menunjukkan ciri khas daerah dalah dalam bentuk penulisan aksara nama jalan. Beberapa daerah yang memiliki aksara atau huruf khusus misal aksara jawa, aksara sumatera selatan, lampung, bahkan aksara arab di daerah Aceh, mereka “memasang” aksara itu berdampingan dengan aksara latin pada papan nama jalan, atau papan petunjuk instansi pemerintahan.
Dari sekian banyak daerah di Indonesia, setidaknya ada dua daerah yang b0cah amati pemerintah daerahnya telah secara serius menampilkan kebudayaan khasnya dalam bentuk segala bangunan yang berkaitan dengan fasilitas umum. Daerah tersebut adalah Sumatera Barat, dan Bali, yang merupakan daerah yang sejak lama menjadi darah tujuan wisata.
IMG_0583IMG_0616Di Sumatera Barat Tidak hanya atap bangunan, bahkan hingga kios pedagang kaki lima dan tempat sampah dibuat sedemikian rupa sehingga memunculkan kesan kebudayaan khasnya.
IMG_0710Di Bali tepatnya di Denpasar, tidak hanya kantor pemerintahan, kantor swasta dan pertokoan dengan “merek” yang sudah umum, harus “disesuaikan” dengan corak kebudayaan khas bali.
Selain kedua daerah tersebut masih banyak daerah yang juga memasang kehasannya, IndonesiaAdakah ciri yang dijadikan ”icon” atau petunjuk khas daerah kamu? Coba ceritakan kepada rekan b0cah lainnya.*** 
(dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar